Minggu, 14 Juni 2020

JADI GURU BLOGGER DENGAN SAGUSABLOG



Apa itu Sagusablog? Mungkin istilah ini masih asing di telinga sebagian guru. Sagusablog merupakan singkatan dari Satu Guru Satu Blog. Sagusablog adalah salah satu nama kegiatan workshop online yang diselenggarakan oleh IGI (baca: Ikatan Guru Indonesia). Kegiatan pembuatan blog guru ini dilaksanakan secara online melalui aplikasi telegram. Workshop online ini sudah rutin diadakan oleh IGI di setiap tahunnya. Workshop online Sagusablog ini diprakarsai oleh bapak Amin Mungamar yang lebih dikenal dengan nama Mr. Mung.

Kali ini, workshop online Sagusablog Dasar angkatan ke-42. Workshop dilaksanakan selama 7 hari, mulai tanggal 14 s.d 20 Juni 2020. Sebanyak 1.000 lebih perserta yang mengikuti workshop online ini. Dengan peserta yang sangat banyak ini, maka sistem pelatihannya dibagi ke dalam grup-grup kecil. Setiap grup terdiri dari 28-30 anggota. Dengan didampingi oleh 2 orang mentor berpengalaman di tiap grupnya. 

Syarat mengikuti workshop ini sangatlah mudah, yaitu (1) menginstal aplikasi telegram di smartphone, laptop, atau komputer; (2) menunjukkan nomer kartu anggota IGI; dan (3) mengikuti kegiatan workshop online IGI. 
Berikut video panduan cara mendaftar dan mengikuti kegiatan di SIM Guru Pembelajar IGI.


Beruntung saya bisa mengikuti kegiatan yang sangat bermanfaat ini. Dalam beberapa bulan ini, penulis belajar secara otodidak dalam pembuatan blog. Penulis mencari materi tutorial sendiri di channel youtube. Tapi penulis sedikit mengalami kesulitan, karena penyampaian materinya kurang berurutan. Juga terkadang kontennya tidak semuanya berbasis pendidikan atau sekolah. 

Materi workshop online Sagusablog ini disusun secara sistematis. Materi yang disampaikan sangat singkat dan jelas. Modul yang diberikan sudah lengkap. Sehingga peserta mudah mengikuti petunjuk panduannya. Modul Sagusablog disajikan dalam 2 bentuk, yaitu materi format PDF (bisa didownload di http://bit.ly/BlogDasar) dan materi format instalasi aplikasi android (bisa didownload di http://bit.ly/appblogdasar). Di setiap modul juga dilengkapi dengan video tutorialnya channel youtube Mung Media.

Adapun materi yang diberikan pada workshop online Sagusablog Dasar ini di antaranya:
  1. Membuat blog guru dengan engine Blogger;
  2. Mendesain template blog guru dengan template bawaan Blogger;
  3. Mendesain header blog guru dengan program Paint;
  4. Mengelola dan menghias blog guru;
  5. Mengelola dan membuat menu standar blog guru; dan
  6. Membuat dan mengelola soal online di google drive.
Awal mula saya mengenal IGI dari rekan forum MGMP. Sebagian rekan saya sudah terlebih dahulu bergabung menjadi anggota IGI. Setiap ada pertemuan rutin, rekan saya sering bercerita tentang workshop-workshop online di IGI. Dan mengajak saya untuk bergabung dengan IGI. Setelah saya mengetahui kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh IGI selama ini. Saya jadi tertarik untuk bergabung. Jika kalian tertarik bergabung, berikut video panduan langkah-langkahnya. 


Ketika kali pertama mendengar tentang kegiatan-kegiatan IGI, penulis langsung tertarik. Ada beberapa alasan mengapa saya bergabung dengan organisasi guru yang dibentuk tahun 2017 ini. 
  1. Pertama, pengurus dan anggota IGI mempunyai visi yang sangat mendukung peningkatan profesionalitas guru di Indonesia. 
  2. Kedua, teknis workshop yang dipilih adalah berbasis online. Hal ini dirasa sangat efektif dan efisien. Hemat biaya, hemat waktu, dan peserta mendapatkan e-sertifikat.
  3. Ketiga, banyak pelatihan yang diberikan gratis khusus bagi anggota IGI. 
  4. Keempat, di tengah masa pandemik Covid-19, dimana pembelajaran dilakukan dari rumah, workshop online IGI sangat membantu pelaksanakan pembelajaran daring tersebut. 
Buat rekan-rekan guru hebat Indonesia, buruan bergabung dengan IGI. Jangan ragu lagi. IGI sangat berkomitmen memajukan pendidikan di Indonesia. Kita adalah guru hebat, siswa kita luar biasa, Indonesia Maju. Semoga. 


Penulis: Toniman, S.Pd
Lokasi: Kec. Kraksaan, Probolinggo, Jawa Timur, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar